Kebangkitan Nasional

Kebangkitan Nasional adalah Masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

 

Tokoh-tokoh yang mempolopori Kebangkitan Nasional, antara lain yaitu :

  1. Sutomo
  2. Soekarno
  3. Tjipto Mangunkusumo
  4. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara)
  5. Douwes Dekker

Dengan adanya perjuangan dari para pejuang kita terdahulu sehingga pada tanggal 20 Mei 1908 sampai 20 Mei 2016 sekarang kita bisa memperingati berdirinya Boedi Oetomo yang   dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional ke-108.Karna tepat pada hari ini , saya mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional untuk mengingat pengorbanan dari para pejuang kita terdahulu.

Sejak diproklamirkan, kita telah berjanji untuk menjaga Republik Indonesia terutama keutuhannya dengan adanya niat untuk kemandirian dan kerja nyata untuk membangun bangsa. Menurut saya  “Kita harus biasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa” untuk kemajuan diri sendiri dan bangsa kita.

Salah satu inspirasi yang dapat kita serap dalam berdirinya Boedi Oetomo adalah adanya sumber daya manusia terdidik berjiwa nasionalisme dan membebaskan diri dalam kemerdekaan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s