Ini Hariku

Berkaca mata? Emang, terus kenapa? Aku lambat? Emang terus kenapa? Kalau dihitung-hitung aku emang punya seribu, sejuta, bahkan miliaran kekuranganku yang mungkin aku sendiri gak sadar atas semua kekuranganku. Itu kata-kata yang selalu terlontar dalam benakku setelah ku dengar ocehan seorang perempuan yang tak lain dia adalah mamiku sendiri. Ejekan, kritikan, bentakan, yah semua itu apalah. Hari ini tepatnya dari awal bangun tidur dan entah sampai kapan berakhirnya.

Rasanya aku ingin masuk ke dalam kardus lalu kardus itu diangkut ketempat yang sangat jauh dari tempat keberadaanku sekarang ini. Hancur rasanya itu pasti, oke, hinaan itu memang baik untuk aku maju. Tapi kalau bertubi-tubi gini pastinya hancurlah otakku.

Untuk lebih jelasnya akan ku ceritakan kronologi ceritanya.

Kisah ini dimulai saat aku mulai menikmati libur yang jatuh pada hari kamis dan berakhir pada hari minggu. Teriknya sinar matahari membuatku menjadi lelah dan tertidur. Tak lama dari tertutupnya mataku terdengarlah nada tinggi seperti membentak.

“Fan! Cepat bangun!” Yah ternyata suara itu dari mamiku.

“Ya.. Apa?” jawabku dengan nada lesuh dan ngantuk-ngantuk.

“Tolong pergi belikan minyak !” perintahnya yang terdengar tak jelas di telingaku.

“Apa?” Tanyaku meminta kejelasan.

“Tolong pergi belikan minyak..!! Sekarang..!!!” ucapnya dengan nada tinggi dan mulai marah.

Ya sejujurnya aku masih tak begitu mendengar dengan jelas aku berusaha berpikir sambil beranjak dari kasur sambil kedip-kedip, aku yang tadinya dalam mimpi sambil memimpi aku telah pergi membeli minyak itu. Saat aku mulai membuka pintu , aku bingung apa yang inginku lakukan. Tiba-tiba dari dapur muncul suara nada tinggi dan keras, “Cepatlah Fan! ini uang beli minyaknya” katanya dengan marah tapi tetap saja aku masih bingung apa yang harus aku ambil sampai aku tiba di dapur. Yah dari situ akhirnya aku baru connect apa yang harus aku lakukan. Dengan segera ku ambil uang itu dan ku pergi membeli minyak, setelah ku berikan kudengar sebuah kalimat, “Kamu, lambat banget sih..” katanya. Tapi ku tak peduli itu akhirnya aku tidur lagi, dan mimpi indah lagi. Rasanya aku baru melanjutkan tidur 5 menit yang lalu tapi kembali ku dibangunkan lagi dengan nada yang sama. Tapi kali ini dengan sebuah pukulan kecil di kaki.

“Fan.. salin nasi dan jangan lupa masak ya.” perintahnya beruntun. Pusing, ngantuk, letih, lesu, dan lemah masih bercampur aduk. Dengan langkah terpaksa aku mulai laksanakan perintahnya satu per satu. Karena hari ini aku libur dan kerjaku telah selesai, akhirnya akupun kembali tidur di sofa. Tak terasa dari awal pukul satu sampai beralih pukul dua aku baru membuka mata dengan dilengkapi suara menguap. Baru saja aku duduk membuka mata sambil memandangi ruang tamu yang sudah sepi karena semua sibuk dengan urusan masing-masing, tiba-tiba suara mamiku melengking lagi.

“Faann… Cepet mandiii… terus ke depan!”

“Ya.. Mi..” dengan suntuknya ku jawab serta ku langkahkan kaki bergegas ke kamar mandi. Dalam mandi aku juga tak lupa ku gosok gigi, dan pastinya cuci muka 2 kali. Tapi semua itu tak sedikit pun berpengaruh dan melindungiku dari kata mamiku berikutnya. Yah kata itu muncul ketika aku sedang menjaga di toko.

“Kok mukamu lesuh banget? Cuci muka ya !” Katanya terucap darinya di tengah kerumunan pembeli yang seketika pun ikut menyempatkan diri menonton kejadian yang kurang lebih berdurasi tiga menit itu.

“Udah.. Kok…” jawabku menyangkal opininya itu yang 100% salah besar.

“Udahlah sana ke belakang.. Cuci muka lagi!” perintahnya.

Kaki yang mendadak jadi enteng itu langsung lari karena senang akhirnya bebas tugas. Ya walaupun aku sudah bebas tugas tetap saja aku harus mencuci mukaku lagi, ya kali ini ku cuci mukaku yang katanya lesuh ini lebih lama dan dengan gosokan yang lebih keras lagi. Sepuluh menit berlalu di kamar mandi akhirnya selesai sudah muka ini ku cuci. Karena nanti sore aku ada basket akhirnya ku buka hp-ku. Ku lihat ada pesan masuk. Setelah ku buka ternyata dari Elmera.

“Nanti jam 3. Basket.”

“Ya oke.” jawabku.

Karena aku punya waktu yang sedikit longgar aku sempatkan untuk berselancar di medsos yang cukup terkenal “Fb” namanya sembari ku tatap layar tv yang dari tadi nyala gak tahu siapa yang nonton. Mungkin baru jangka waktu 15 menit berlalu, rasanya baru saja ku merasa santai, tiba-tiba…

“Faannn… Siiniiiii!” suara mamiku melengking lagi.

“Iyaaa….” jawabku tak kalah kerasnya. Keras bukan berarti melawan tapi hanya sekedar ibuku dengar jawabanku. Aku segera lari dan berharap tak dikatai lambat lagi. Tapi harapanku pupus begitu saja setelah langkahan kaki terakhirku menuju ibuku itu.

“lambat bangeettt sih?”

“Hmm..” jawabku kecewa karena usahaku tadi sia-sia dan sangatlah sia-sia.

“Nih transfer..” perintahnya lagi.

Dengan cepat aku beranjak pergi melaksanakan tugas. Tak lama kemudian aku kembali ke rumah dan menghadap mamiku lagi menyerahkan bukti transfer itu.

“Cuci muka.. Ya.. Lah! Yang bersih! Mukamu kotor banget. Sana ke belakang lagi.”

Huuufft… tak terduga kata itu muncul lagi, di depan ramainya pembeli ditambah lagi beberapa sales yang mukanya terlihat kaget dan ada yang nyengir juga melihat insiden ini. Lalu tanpa tunggu lama lagi langsung saja ku langkahkan kaki pergi menuruti perintahnya.

Ku lirik jam dinding menunjukkan pukul setengah tiga akhirnya ku putuskan untuk tidur, agar ku bisa menenangkan sedikit otakku ini yang sedari pagi penuh dengan kata-kata lambat. Rasanya nyaman sekali, ku pejamkan mata di atas kasur yang sedikit empuk mungkin karena saking penatnya kepala ini aku langsung terlelap nyenyak. Hingga gaduh, berisik, yang merusak mimpi indahku, terdengar membangunkanku yang ternyata itu adalah suara adikku yang baru pulang dari bermain.

“Jam berapa gess ?” tanyaku pada adikku yang sering ku panggil igess.

“Jam tiga kurang,” jawabnya santai.

“Yang bener.. Gess ?” jawabku agak kaget.

Lalu ku langsung bergegas mandi tak lupa gosok gigi dan cuci muka lagi dengan harapan ada perkembangan setidaknya aku tak lagi dikatai lambat di depan umum. Sialnya semua sweatpants ku ternyata sedang dicuci begitu pun bajuku. Akhirnya karena ku buru-buru ku ambil pakaian seadanya. Setelah selesai aku bergegas pergi ke depan toko menemui ibuku dan meminta izin. Ku kira semua akan lancar tanpa ejekan dan kritikan tapi ternyata tidak.

“Mi.. fany berangkat basket dulu ya..”

“Ya udah cepet sana! Udah lambat banget, bajunya acak-acakan gimana sih? Yang bener yalah apa-apane!”

“Ya..” satu kata untuk semuanya. Langsung ku pergi menuju lapangan basket sekolah. Lima belas menit berlalu akhirnya sampai jua.

“Bagus.. Lengkap sudah.. Di rumah dimarahi terus. Basket telat. Hebat banget.” gerutuku setelah masuk lapangan basket. Kebetulan teman-teman ku belum pada pemanasan, jadi aku tidak sendirian pemanasannya.

Ya dengan keadaan yang pikiran yang belum tertata ini aku mengikuti basket. Dua jam berlalu basket pun selesai. Seperti biasa aku dijemput telat. Satu per satu temanku pergi pulang. Dan akhirnya hanya tersisa aku sendiri. Biasanya jemputanku itu datangnya lama ku putuskan untuk duduk di kursi  kantin sambil memainkan hpku. Inilah yang selalu menemaniku di setiap keadaanku, karena baterai hpku sudah menunjukkan angka kritis akhirnya ku putuskan berselancar di fb saja. Waktu bergulir cepat tak terasa jemputanku sudah datang. Setelah 15 menit berlalu sampai juga aku di rumah. Akhirnya aku masuk rumah menuju kamar mandi, ganti baju dan sejenak menyempatkan mataku menonton tv sampai seketika terdengar suara itu.

“Fann.. Nasinya ditatain..” agak rendahan dikit nadanya. Mungkin karena lelah.

Tanpa kata-kata langsung ku ambil magicom lalu ku tatakan di atas piring-piring. Setelah adzan berkumandang kami semua sekeluarga mulai makan. Dalam sesi makan ini mamiku tak banyak berkomentar tentangku dia sibuk menceritakan kejadian-kejadian di toko tadi siang. Aku agak sedikit lega. Berharap semuanya telah berakhir. Tapi harapanku itu tak terkabul seketika itu juga, setelah sesi makan selesai mamiku langsung mengulang kata-katanya tadi siang. Kalau dihitung-hitung mungkin ada 3 menit semua kata-kata itu diucapkannya kembali. Aku yang sudah bosan. Aku hanya mengiyakan apa yang diperintahnya.

Tak lama kemudian waktu maghrib berlalu salat maghrib pun sudah selesai. Aku pun mulai santai kembali karena obrolan sudah berganti dengan kisah lain, tapi ternyata obrolan itu pun tak lepas dari ejekan dan kritikan serta komentar tentangku lagi. Karena saking jenuhnya aku mendengarkannya akhirnya ku buka laptopku dan mulai ku tulis semua kisahku dalam bentuk sebuah cerpen. Sampai setelah setengah jalan cerpen ku tulis, mamiku mulai berhenti berkomentar tentangku. Dan pergi tidur. Yah mungkin dia lelah. Dan berakhirlah ceritaku ini.

Kriminalitas

Akhir-akhir ini setiap saluran televisi memuat berita-berita yang terhangat , terutama berita kriminalitas pada perempuan …..

Tingkat kriminalitas banyak terjadi pada perempuan yaitu pemerkosaaan dan pembunuhan. Kebanyakan dilakukan oleh anak-anak yang berusia dibawah umur. Semakin maju teknologi dan berkembangnya zaman membuat pemikiran anak-anak semakin maju juga. Itu memang bagus … Tetapi ada sebagian dari kita yang mengarah pada yang negatif seperti dengan adanya komputer  membuat semua apa yang kita cari dan butuhkan dengan mudah kita dapatkan.

Anak-anak seharusnya berpikir seperti anak-anak yang pintar dalam pembelajaran bukan berpikir seperti orang dewasa yang terjadi pada sekarang ini.

 

Kebangkitan Nasional

Kebangkitan Nasional adalah Masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

 

Tokoh-tokoh yang mempolopori Kebangkitan Nasional, antara lain yaitu :

  1. Sutomo
  2. Soekarno
  3. Tjipto Mangunkusumo
  4. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara)
  5. Douwes Dekker

Dengan adanya perjuangan dari para pejuang kita terdahulu sehingga pada tanggal 20 Mei 1908 sampai 20 Mei 2016 sekarang kita bisa memperingati berdirinya Boedi Oetomo yang   dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional ke-108.Karna tepat pada hari ini , saya mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional untuk mengingat pengorbanan dari para pejuang kita terdahulu.

Sejak diproklamirkan, kita telah berjanji untuk menjaga Republik Indonesia terutama keutuhannya dengan adanya niat untuk kemandirian dan kerja nyata untuk membangun bangsa. Menurut saya  “Kita harus biasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa” untuk kemajuan diri sendiri dan bangsa kita.

Salah satu inspirasi yang dapat kita serap dalam berdirinya Boedi Oetomo adalah adanya sumber daya manusia terdidik berjiwa nasionalisme dan membebaskan diri dalam kemerdekaan.

 

Protein

Setiap harinya kita memasukan makanan kedalam mulut dan mengunyah makanan tersebut, tetapi sebagian dari kita tidak mengetahui makanan-makanan yang mengandung apa saja yang kita makan tiap harinya ???

Makanan yang Mengandung protein tinggi

  1. Daging

Daging hewan sangat diperlukan pada waktu pertumbuhan anda karena daging paling tinggi proteinnya.sebaiknya anda memilih daging sapi atau daging kambing untuk terpenuhi protein harian anda. Dalam 100 gr daging sapi terkandung 14 gr protein tapi dalam 100 gram daging kambing ada 27 gr kandungan protein,Dan protein daging kambing pun terkandung nutrisi gizi penting lainnya seperti zat besi, vit B12,selenium dan fosfor.

2. Daging Ayam.

Daging ayam sangat akan kandungan protein,dalam 3 ons tersedia 27 gr protein. Selain itu daging ayam Kalkun pun merupakan sumber protein yang sangat baik. Untuk nutrisi gizi usahakan tidak menggorengnya karena akan mengandung banyak lemak minyak.Kita bisa memasaknya jadi kuah sop dengan menambahkan sayuran yang segar.

3. Telur.

Protein dalam sebuah telur juga memiliki kualitas sangat tinggi asam amino esensial yang dimilikinya sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk tubuh. Sebuah telur ukuran besar mengandung sekitar  6.3 gram protein, 3.6 gram protein didalam putih telurnya dan 2.7 gram protein kuning telur.Untuk yang memiliki kadar kolestrol tinggi sebaiknya memilih putih telur dikarnakan bebas lemak dan bebas kolesterolnya.Tetapi Kuning telur mengandung banyak lemaknya jenuh dan kolesterol oleh sebab itu mengosumsi kuning telurnya tidak bisa berlebihan.Walau kuning telur mengandung kolesterol tetapi juga tersedia zat besi dan vitamin D yang paling baik untuk tulang anda.

4. Susu.

Satu gelas susu skimnya tersedia 8 gram protein.Selain itu juga protein susu juga memberikan kalsium yang tinggi.kalsium merupakan jenis mineral yang sangat penting untuk mempertahankan padat tulangnya. Anda dapat minum satu gelas susu saat sarapan dengan menambahkan keju rendah lemak dan biji bunga matahari yang  digoreng dan buah strowberri untuk makanan sehat anda yang berprotein tinggi.

5. Ikan.

Sangat banyak jenis Ikan yang memberikan protein tinggi. Satu porsi 3 ons ikan tuna mengandung 22 gram protein,Namun untuk ikan salmonnya mengandung 19 gram protein didalam 3 ons.Ikan laut mengandung asam lemak omega – 3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung anda,Dan ikan juga memiliki kandungan lemak dan kolesterol lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi ataupun daging kambing.

6. Kepiting.

Di dunia ini diperkirakan ada 5.000 spesies  kepiting dan yang dikonsumsi manusia. Kepiting sangat dikenal karna memiliki kandungan protein tinggi dan sangat baik dikonsumsi untuk anak yang dalam masa pertumbuhan.Kepiting sebagai makanan sumber vitamin,rendah lemaknya dan memilki kalori sedikit.Kepiting mengandungi asam lemak esensial termasuk zat besi,seng,kalium,magnesium,kalsium dan fosfor.pun kepiting mengandung  banyak nutrisi gizi penting tetapi kita juga harus berhatai-hati dalam mengonsumsi makanan ini disebabkan mengandungi kolesterol yang tinggi.

7. Tahu.

Makanan tahu tidak asing bagi kita, tahu merupakan makanan negara kita yang hampir slalu ada pada menu makanan sehari-hari kita. Tahu salah satu makanan yang mengandung protein paling baik 4 ons tahu mengandung sekitar 10 gram protein. Harganya yang lumayan murah juga menjadikan tahu untuk makanan pengganti protein daging sapi kambing dan ayam.

8. Jamur.

Makanan kita yang ini sangat terkenal dimasyarakat.Dan rasa yang lezat jamur pun diketahui memiliki kandungan protein sangat tinggi. Jamur mengandung nutrisi seperti besi,selenium,kalium,riboflavin,asampantotenat,serta tembaga,danseng.Dan jamur juga sangat rendah kalori sehingga sangatlah cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan kita. Anda dapat memasak menjadi berbagai macam makanan seperti sop jamur atau tumis jamur juga boleh.

9. Kacang almound.

kacang almound diketahui memiliki kandungan protein yang sama dengan makanan lainnya,didalam 100 gram kacang almound mengandung 22 gram protein. Selain itu kacang almond juga terkandung lemak yang sangat baik bagi jantung anda.

10. Buah Apel.

Buah apel juga bisa anda konsumsi baik dalam kondisi mentah. 2 buah apel ukuran sedang menagandung sekitar 0,60 gram protein.dan jikadibuang kulitnya  memberikan 0,30 gram protein.

11. Buah Manggis.

Buah warna ungu ini mengandung 0,5 gram protein per 100 gram. 1 buah manggis ini mengandung 0,89 gram protein.

12. Jeruk keprok.

Jeruk keprok juga kaya kandungan proteinnya.satu buah jeruk berukuran besar mengandungi 1 gram protein.

13. Buah pisang.

Buah Pisang makanan kita ini mempunyai kegunaan yang banyak bagi kesehatan anda. Buah pisang mengandung 4 gram protein per 100 gram.

14. Buah Blueberry .

Blueberry mengandung protein tinggi dan juga kaya vitamin dan mineral.buah Blueberry menyediakan dalam beberapa bentuk kalengnya misalnya,yang manis, tawar,mentahdan sirup.satu mangkuk buah blueberry mengandung 1,10 gr protein..

15. Buah Jambu

Buah jambu juga mengandung protein.protein buah jambu juga mengandung kalsium dan sejumlah tinggi vitamin C nya.

16. Buah Alpukat.

Buah ini adalah salah satu makanan yang sangat banyak gizinya dan mengandung sejumlah protein tinggi. Buah alpukat juga menyediakan 5 gram protein per 8 ons.

17. Asparagus.

Sayuran yang ini sangat fleksibel pastinya bisa kita merebus,memanggang,dikukus ataupun digoreng.Asparagus makanan yang banyak nutrisi.Sebuah cangkir asparagus terkandung 2 gram protein.

18. Kembang kol.

Buah kembang kol ini Mengandung 3 gram protein satu porsinya. Kembang kol ialah sumber sangat baik dari vitamin K yang bermanfaat untuk anti-inflamasi didalam tubuh anda. Selain itu juga buah Kembang kol kaya serat dan berguna untuk pencernaan anda.

19. Buah kurma.

Buah kurma berasal dari Arab, buah manis dan enak ini kaya akan kandungan gula yang alami. Buah Kurma ialah sumber yang sangat baik dari protein.dalam 100 gram buah kurma menyediakan 2,50 gram protein.

20. Buah Jagung manis.

buah yang ini,satu porsi jagung manisnya mengandung 3 mg protein.buah Jagung manis ialah sumber antioksidan dan mengandung sejumlah yang cocok bagi tubuh,Vitamin B kompleks seperti tiamins, niasin,folat, serta pantotenat dan asam.

 

Buah dan sayur yang bisa menjadi racun bagi tubuh

Buah dan sayur merupakan jenis makanan sehat yang terbaik. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Itulah sebabnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur.

Namun bagaimana jadinya jika buah dan sayur justru berpotensi jadi racun bagi tubuh?
1. Kentang hijau
Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Namun Anda harus menahan diri untuk makan kentang telah berubah warna menjadi hijau. Sebab hal ini berarti bahwa kentang terkena sinar matahari yang terlalu lama yang kemudian menimbulkan munculnya solanin atau glycoalkaloid yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual, lemas, dan masalah pencernaan. menurut spesialis racun di Nebraska Regional Poison Center, Joan McVoy, R.N., beberapa kentang berpotensi beracun
“Tanda-tanda solanin adalah warna kehijauan di bawah kulit kentang. Kentang yang beracun juga akan ditumbuhi kecambah kecil,”
Agar aman, Joan menyarankan untuk mengupas kentang agak dalam untuk menghilangkan lapisan hijau agar benar-benar aman untuk dikonsumsi.
Jika Anda khawatir, buang kentang yang menghijau dan selalu menyimpan kentang Anda di tempat yang lembap dan jauh dari cahaya
2.  Jamur liar
Jamur memang memiliki nilai gizi yang tinggi. Namun perhatikan jenis jamur yang akan Anda konsumsi. Jangan mengonsumsi jamur liar atau yang jenisnya tidak Anda ketahui sebab mampu membuat Anda keracunan.
3. Singkong
Singkong adalah umbi-umbian yang sarat kalori, mineral, serta serat. Namun jangan pernah mengonsumsi singkong yang masih mentah sebab mampu jadi racun bagi tubuh karena adanya glikosida sianogen di dalamnya. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu merendam, mencuci, dan mengeringkan singkong terlebih dahulu sebab dapat menghilangkan racunnya.
4. Pala
Secara umum, pala bermanfaat sebagai obat alami untuk kesehatan Anda. Namun mengonsumsi pala dengan jumlah tinggi mampu membahayakan kesehatan Anda. Sebab pala mengandung myristicine, zat yang dapat menyebabkan muntah, pusing, halusinasi, dan sakit kepala.
5. Tomat
Tomat memang bermanfaat untuk mencegah kanker sebab kaya akan zat antioksidan. Tidak banyak yang tahu bahwa tomat mengandung atropin, zat beracun yang menyebabkan pusing, sakit kepala, dan sakit perut.
Woww, ternyata tomat mengandung atropin atau solanin atau biasa disebut gikoalkoloid. Racun ini biasanya lebih banyak terdapat pada tomat yang masih hijau dan masih belum begitu matang.
Efek Keracunan
Biasanya bila keracunan gikoalkoloid penderita akan mengalami keletihan, pendarahan pada sistem cerna, menggigil, sakit kepala atau migran, kelumpuhan, dan yang paling parah adalah kematian. Racun ini bisa dimatikan dengan cara tomat di masak hingga benar – benar matang dan siap untuk di santap.
6. Ceri
Bila bijinya tak sengaja tertelan dan hancur di mulut, maka biji tersebut akan mengeluarkan zat hidrogen sianida.
Hidrogen Sianida
Zat hidrogen sianida pada cheri dapat menyebabkan Anda pusing berat, muntah – mutah, dan sakit perut. Bahkan bila keracunan zat hidrogen sianida dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan penyakit ginjal. Sebaiknya bila Anda memakan buah cheri, maka buang dahulu bijinya.
Jika ada gejala keracunan buah ini, ada baiknya anda segera memeriksakan ke dokter atau minimal konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.
Jangan tertipu dengan bentuknya yang indah. Sebab ceri mengandung glikosida sianogen, terutama dalam biji mereka, yang melepaskan sianida saat dikunyah. Oleh karena itu konsumsi dengan jumlah yang seperlunya saja.
Tidak banyak yang tahu bahwa makanan sehat di atas mampu membahayakan kesehatan Anda karena kandungan racun terselubung di dalamnya. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengonsumsinya.

Karbohidrat

Setiap harinya kita memasukan makanan kedalam mulut dan mengunyah makanan tersebut, tetapi sebagian dari kita tidak mengetahui makanan-makanan yang mengandung apa saja yang kita makan tiap harinya ???
Berikut ini makanan yang mengandung karbohidrat sehat yang tinggi :
1 . Putih telur :
Putih telur tidak hanya kaya akan protein, tetapi juga tinggi karbohidrat. Karbohidrat sangat penting untuk mendapatkan massa otot. Putih telur juga kaya akan riboflavin, selenium namun rendah lemak jenuh dan kolesterol.
2 . kentang :
Kentang juga mengandung cukup baik karbohidrat dalam bentuk pati. 1 cangkir porsi kentang rebus mengandung 31 gram karbohidrat , dan secangkir kentang tumbuk 36 gram karbohidrat. Kentang goreng mengandung karbohidrat dengan jumlah tertinggi yaitu 35 %, sedangkan kentang goreng mengandung 27 % karbohidrat. Kentang juga kaya akan kalium. Satu kentang berukuran sedang hanya memberikan 110 kalori dan bebas dari natrium, kolesterol, dan lemak,  yang membuat kentang bagus untuk diet apapun. Sementara itu umbi yang gurih ini juga mengandung Vitamin C , Vitamin B6 , serat dan zat besi .
3 . Biji-bijian :
Seluruh biji-bijian merupakan sumber karbohidrat kompleks dan serat makanan yang sangat bagus. Hampir setiap butir biji-bijian berisi karbohidrat kompleks dalam jumlah yang tinggi, dan masing-masing mengandung dedak gandum dan endosperm yang memberikan nutrisi dan senyawa yang berbeda yang berkontribusi terhadap kesehatan. Beberapa biji-bijian yang banyak mengandung karbohidrat termasuk beras, jagung, gandum, barley,dan gandum. Beras merah mengandung 38 mg karbohidrat per porsi. Tidak hanya menyediakan energi dan meningkatkan karbohidrat, beras merah juga mengandung serat yang baik yang membantu pencernaan. Gandum murni juga memiliki jumlah karbo yang sama, namun biasanya terlalu banyak bahan kimia daripada sayur dan buah. Gandum bermanfaat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu manajemen berat badan.
4 . Buah jeruk :
Juga diketahui bahwa produk jeruk merupakan sumber vitamin, mineral dan serat makanan yang berkontribusi terhadap pertumbuhan yang sehat, pengembangan dan kecukupan gizi tubuh. Energi utama dalam buah jeruk adalah karbohidrat. Jeruk mengandung karbohidrat sederhana, fruktosa, glukosa dan sukrosa, serta asam sitrat yang memberikan kita energi. Satu buah jeruk yang berukuran sedang mengandung 18,5 karbohidrat dan 2,7 gram serat. 151 gram jeruk mengandung 14 g karbohidrat.
5 . Buah berri:
Buah berri kaya akan pigmen alami yang disebut dengan antosianin dan antioksidan. Buah berrie seperti stroberi, blueberry dan blackberry juga mengandung karbohidrat. Blackberry dan stroberi mengandung 14 gram karbohidrat, sementara blueberry paling  tinggi karbohidrat atau 21 gram per cangkir. Buah berri dikenal tinggi antioksidan, yang akan memberikan perlidungan bagi tubuh dari kerusakan sela akibat radikal bebas.
6 . Semangka :
Selain rendah kalori dan kadar air yang tinggi, semangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dari vitamin C dan betakaroten, yang merupakan antioksidan utama yang mencegah katarak dan meningkatkan penglihatan. ½ cangkir potongan dadu semangka mengandung 5,5 gram karbohidrat dan memiliki indeks glikemik rata-rata 72.
7 . apel :
Apel yang lezat dan renyah adalah salah satu buah yang paling populer dan favorit bagi para pecinta kesehatan. Satu uah apel ternyata mengandung 23 gram karbohidrat. Sementara itu 8 oz jus apel mengandung 30 gram karbohidrat. Apel dikenal mengandung fitonutrien dan antioksidan yang sangat diperlukan untuk kesehatan yang optimal .
8 . Ubi jalar :
Ubi jalar menyediakan karbohidrat yang cukup untuk memberikan kita energi. Delapan ons ubi jalar mengandung 240 kalori dan 55 gram karbohidrat. Sementara itu Ubi jalar rendah sodium, dan sangat rendah lemak jenuh dan kolesterol. Ia juga sumber serat yang baik, vitamin B 5, Kalium, Vitamin A , vitamin C dan mangan. Umbi lainnya adalah singkong yang termasuk tinggi karbohidrat.
9 . Kacang-kacangan:
Kacang-kacangan mengandung lebih banyak protein, jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Sama seperti biji-bijian, kacang-kacangan juga kaya akan karbohidrat kompleks. Selain karbohidrat, kacang juga mengandung protein, asam lemak omega 3 dan berbagai vitamin dan mineral. Hal ini juga tinggi serat yang bermanfaat untuk  membantu pencernaan, dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Jenis Kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi adalah lentil, kacang polong, kacang polong split, kedelai, kacang merah, dan kacang pinto.
10 . sereal :
Sereal mengandung tinggi karbohidrat, yaitu sekitar 98 %. Berbeda dengan sereal buatan sendiri seperti oat atau rye, dimana yang hanya mengandung 13-15 % karbohidrat. Nutrisi lain dalam sereal termasuk vitamin serat, protein, seng, zat besi dan vitamin B. Oat adalah pilihan sarapan yang sehat.
11 . Buah-buahan kering :
Buah kering seperti kiwi, plum, kismis dan kurma mengandung karbohidrat yang baik, beserta dengan serat dan vitamin penting lainnya. Makanan kering seperti apel, plum, pisang adalah 88 % karbohidrat, sementara buah persik kering, aprikot dan kismis mengandung sekitar 75 % karbohidrat. Dan hanya 1/4 cangkir kismis menyediakan  45g karbohidrat. Ketika menambahkan karbohidrat untuk diet Anda, pertimbangkan untuk menggunakan buah-buahan kering pada salad, dan makanan penutup.
12 . Pizza :
Jumlah karbohidrat dalam pizza tergantung pada ketebalan. Jadi biasanya orang memilih untuk pizza yang tipis adalah untuk menghindari karbohidrat ekstra. JPizza rata-rata mengandung 23 hingga 25 % karbohidrat dengan topping. Cobalah untuk memasukkan sebanyak sayuran yang Anda bisa untuk membuat pizza yang sehat.
13 . pisang :
Pisang adalah buah tinggi serat dan potasium, dan satu buah pisang mengandung karbohidrat 24g. Pisang juga mengandung gula tertinggi dibandingkan dengan buah lainnya. elain itu pisang juga kaya akan vitamin B6, vitamin C dan serat. Sertakan setidaknya satu buah pisang untuk sarapan Anda sehari-hari.
14. roti
Roti adalah sumber vitamin, mineral, serat dan karbohidrat, serta cukup rendah kolesterol dan lemak. Sepotong roti gandum mengandung sekitar 20 gram karbohidrat. Roti putih adalah jenis roti yang mengandung karbohidrat paling tinggi. Cobalah untuk membatasi asupan roti Anda, atau memilih roti cokelat bukan yang roti putih.
15 . pasta :
Pasta putih dan pasta semolina tinggi karbohidrat dan asam glikemik. Cobalah untuk menggunakan pasta quinoa atau pasta gandum bukan, serta beberapa sayuran sehat sebagai topping. Tiga cangkir pasta spaghetti memberikan tubuh kita dengan 97g karbohidrat. Pasta gandum juga kaya akan vitamin B dan zat besi yang menambahkan nilai gizinya.
16 . Sayuran hijau :
Beberapa sayuran hijau juga kaya akan karbohidrat, serta mengandung mineral penting dan vitamin. Meskipun Anda harus meminimalkan konsumsi karbohidrat sederhana, jumlah rendah yang ditemukan dalam sayuran hijau tidak berbahaya, karena juga mengandung tinggi nutrisi.
17 . Produk susu :
Beberapa produk susu juga tinggi karbohidrat kompleks, akan tetapi selalu dianjurkan untuk memilih produk susu yang rendah lemak untuk mencegah kolesterol tinggi dan efek samping lain dari makanan yang tinggi lemak. Susu kedelai, yoghurt rendah lemak dan susu skim adalah pilihan yang lebih baik untuk menambahkan karbohidrat kedalam diet Anda. Produk susu juga merupakan sumber protein, vitamin, mineral, riboflavin, magnesium, kalium, dan kalsium. Semua ini dikombinasikan akan mengurangi resiko osteoporosis, membantu menurunkan lemak tubuh, serta menjaga kesehatan jantung dan fungsi saraf yang tepat.

Vitamin

Vitamin adalah Sekelompok senyawa organik ( Zat organoleptik) yang sangat dibutuhkan tubuh dan memiliki peranan penting dalam mengatur proses metabolisme tubuh. Secara umum Vitamin tidak dapat di produksi oleh tubuh. Tiap-tiap vitamin mempunyai fungsi dan tugas-tugas yang spesifik termasuk dalam pengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Baca juga Artikel sebelumnya tentang karbohidrat, fungsi serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan karbohidrat.
Sejarah Istilah vitamin pertama kali digunakan oleh Chesimir funk pada tahun 1912 dalam upaya penyembuhan penyakit Beri-beri —> zat dalam makanan yang dibutuhkan tubuh (Vita) dan mengandung unsur nitrogen (Amine) seiring berjalan waktu Dari Vitamine menjadi Vitamin. secara umum vitamin dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu :
1. Vitamin yang larut dalam Lemak = Vitamin A, D,E,K
2. Vitamin yang Larut dalam air = Vitamin B dan C
Kita bisa mendapatkan berbagai vitamin ini  dengan mengkonsumsi :

Bunga cantik tapi mematikan

Karena kecantikannya, bunga telah lama menjadi symbol cinta. Ketika menjenguk orang sakit atau bertemu dengan orang orang terkasih tak jarang kita membawakan bunga . ulang tahun dan perayaan hari special lainnya juga sering kali melibatkan bunga di dalamnya. Namun dibalik keindahannya juga bisa membunuh orang seketika. Tidak sembarangan bunga boleh dipetik dan dijadikan hadiah. Karena beberapa diantaranya diketahui memiliki racun mematikan . berikut ini 7 bunga cantik paling mematikan

1. Lily Of The Valley

Lily of The Valley terlihat sangat cantik dan tidak berbahaya namun jangan tertipu dengan penampilannya. Bunga ini sangatlah beracun, bunga ini sangat mungil dan mirip onceng terbalik. Walau dikenal sebagai bunga yang melambangkan cinta suci, kesetiaan, dan ketulusan. Bunga putih ini memiliki racun yang sangat berbahaya.

Bunga cantik ini mengandung racun glikosida untuk melindungi diri dari serangan hewan pemakan bijinnya. Sebagai gambaran, racun yang terkandung di lily of the valley dapat merusak system peredaran darah dan pencernaan. Dosis kecil dapat mengakibatkan muntah, diare, mual dan sakit perut. Sedangkan dalam dosis besar, racun di dalam lily of the valley bisa mengakibatkan kematian. Meski begitu kate midleton menggunakan bunga ini sebagai bunga pengantin di acara pernikahannya .

2. Milkweeds

Warnanya boleh ungu dan cantik namun milkweeds mengandung racun yang dapat mengakibatkan kematian. Bunga ini mungil dan getahnya mengandung alkaloid dan kardenoloid, sejenis senyawa basah yang sering digunakan sebagai obat. Tentu saja penggunaan getah ini tidak boleh sembarangan . karena jika di tangan yang salah, justru bisa menjadi racun. Bunga milkweeds memiliki racun sebagai pola pertahanan terhadap serangan ulat dan hewan hewan perusak buah. Jika seseorang tidak sengaja memasukkan racun milkweeds ke dalam tubuhnya maka kemungkinan yang akan terjadi adalah dermatitis tringer atau gangguan kulit hingga dapat mengakibatkan kematian.

Dahulu orang amerika selatan dan afrika memanfaatkan getah bunga ini untuk dipoleskan ke ujung panah mereka sebagai racun dalam memanah hewan buruan. Milkweeds dapat mengakibatkan kematian kepada hewan jika mengkonsumsinya 10 persen dari berat tubuh. Tak hanya bunga saja, seluruh bagian tubuhnya beracun. Positivenya bunga ini akan menghasilkan bau yang harum di kebun anda dan akan mengalahkan harum bunga bunga lain.

3. Ranuculus

Sekilas bunga cantik ini mirip mawar, Namun ranuculus bukanlah keluarga mawar. Ranuculus memiliki berbagai warna mulai dari merah, orange, kuning dan putih. Karena kecantikannya ranuculus sering digunakan sebagai bunga hias. Namun penggunaannya harus dalam pengawasan yang ketat. Karena bunga ini mengandung racun mematikan untuk manusia dan hewan. Dibalik kecantikannya, ranuculus ternyata menyimpan racun yang berbahaya. Jika ada hewan atau manusia yang nekat memakan bunga ini maka akan terjadi gejala kerusakan pencernaan akibat racunnya. Diare disertai darah, liur berlebih, sakit perut parah dan rusaknya selaput lendir dalam system pencernaan adalah gejala keracunan bunga ranuculus. Dalam beberapa kasus, kematian menjadi efek buruk dari kecantikan bunga ini.

Tak hanya dikonsumsi, bunga ini juga memberi efek samping jika disentuh. Saat dipegang bunga ini akan mengeluarkan zat protononim yang dapat mengakibatkan dermatitis atau gangguan kulit pada manusia. Itulah mengapa tidak dianjurkan kontak langsung dengan tanaman ini melainkan harus menggunakan sarung tangan. Racun yang terdapat di bunga ini dapat hilang melalui proses pengeringan.

4. Nerium Oleander

Hampir seluruh bagian bunga ini mengandung racun terutama di bagian getahnya. Tanaman ini sering bersemi di bulan mei. Karena beracun, nerium oleander dijadikan bunga resmi Hiroshima sebagai bunga yang mekar pertama setelah ledakan bom atom Hiroshima pada tahun 1945 yang menghancurkan kota tersebut.

Jika dilihat sepintas, bunga ini mirip bunga kamboja. Baik dari segi kelopak maupun dari segi daunnya. Bedanya adalah mahkota bunga kamboja lebih besar dan lebar sedangkan oleander lebih tipis dan lemah. Ada beberapa jenis racun yang terdapat dari bunga oleander, Yaitu oleandrik dan nerik. Kedua jenis racun ini berasal dari cardiac glikosait yang merupakan zat beracun yang mengakibatkan perlambatan denyut jantung dan gagal jantung.

Selain kedua racun tersebut oleander juga mengandung rosagenit yang memiliki efek samping mual dan muntah, sakit perut dan diare, mata kabur, denyut melambat yang semuanya berujung pada kematian. Karena bunga oleander memiliki racun yang mematikan maka sebaiknya ditanam di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak anak dan harus ekstra hati hati dalam merawat dan memeliharanya.

5. Belladona

Dikenal dengan nama dalos beris, bunga yang merupakan bagian dari family selena seae dan asli eropa, afrika utara, dan asia barat ini tidak bisa dianggap enteng. Seluruh bagian tanaman ini beracun, belladonna mengandung treae alkaloid yang berpotensi mematikan. Seluruh bagian ini berbahaya dengan bagian yang paling beracun adalah buahnya. bentuknya yang seperti buah berry memang tertarik untuk dimakan terutama oleh anak anak. Gejala yang terjadi pada racun bunga ini adalah pupil mata membesar, penglihatan kabur, sakit kepala, berhalusinasi, dan kegilaan.

Racun bunga ini juga dapat mengganggu system syaraf menyebabkan gangguan pernafasan, keringat berlebih dan mengganggu detak jantung.

6. Aconitum

Nama lain dari bunga ini adalah helm setan. Ini adalah tanaman berbunga yang masuk dalam family bater cup dan dapat ditemukan di bagian bumi utara. Beberapa spesies bunga ini digunakan untuk membuat ujung anak panah yang mematikan. Ia juga digunakan dalam perburuan dan peperangan. Kebudayaan kuno jepang menggunakan bunga ini untuk berburu beruang. Sedangkan di alazka digunakan untuk berburu paus.

Ketika mengkonsumsi bunga ini akan mengalami gejala keracunan yang fatal termasuk mual, muntah, dan diare diikuti dengan rasa terbakar, kesemutan, mati rasa pada wajah, mulut, dan perut. Jika dosis besar kematian akan terjadi dengan segera. Jika manusia atau hewan terkena racun bunga berwarna ungu ini biasanya gejalanya akan muncul paling lama satu jam dan kematian akn muncul pada 2-6 jam kemudian.

7. Autumn Crocus

Bunga asal inggris autumn corcus merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia. Bunga ini mengandung senyawa mematikan yang biasanya digunakan untuk perawatan encok. Racun yang terkandung dalam bunga ini adalah sejenis dengan aksonik dan tidak ada obat penyembuhnya.

Bila keracunan bunga ini dapat mengakibatkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung. Disisi lain cosisium dikenal karena kemampuannya untuk memperlambat bahkan dapat mematikan kangker. Tetapi perlu diingat karena cosisium adalah racun maka penggunaanya harus dibatasi dan berada di tangan orang orang yang tepat.

Buah dan sayur bisa menjadi racun bagi tubuh

Buah dan sayur merupakan jenis makanan sehat yang terbaik. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Itulah sebabnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur.
Namun bagaimana jadinya jika buah dan sayur justru berpotensi jadi racun bagi tubuh?
1.  Kentang hijau
Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Namun Anda harus menahan diri untuk makan kentang telah berubah warna menjadi hijau. Sebab hal ini berarti bahwa kentang terkena sinar matahari yang terlalu lama yang kemudian menimbulkan munculnya solanin atau glycoalkaloid yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual, lemas, dan masalah pencernaan. menurut spesialis racun di Nebraska Regional Poison Center, Joan McVoy, R.N., beberapa kentang berpotensi beracun
“Tanda-tanda solanin adalah warna kehijauan di bawah kulit kentang. Kentang yang beracun juga akan ditumbuhi kecambah kecil,”
Agar aman, Joan menyarankan untuk mengupas kentang agak dalam untuk menghilangkan lapisan hijau agar benar-benar aman untuk dikonsumsi.
Jika Anda khawatir, buang kentang yang menghijau dan selalu menyimpan kentang Anda di tempat yang lembap dan jauh dari cahaya
2.  Jamur liar
Jamur memang memiliki nilai gizi yang tinggi. Namun perhatikan jenis jamur yang akan Anda konsumsi. Jangan mengonsumsi jamur liar atau yang jenisnya tidak Anda ketahui sebab mampu membuat Anda keracunan.
3.  Singkong
Singkong adalah umbi-umbian yang sarat kalori, mineral, serta serat. Namun jangan pernah mengonsumsi singkong yang masih mentah sebab mampu jadi racun bagi tubuh karena adanya glikosida sianogen di dalamnya. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu merendam, mencuci, dan mengeringkan singkong terlebih dahulu sebab dapat menghilangkan racunnya.
4.  Pala
Secara umum, pala bermanfaat sebagai obat alami untuk kesehatan Anda. Namun mengonsumsi pala dengan jumlah tinggi mampu membahayakan kesehatan Anda. Sebab pala mengandung myristicine, zat yang dapat menyebabkan muntah, pusing, halusinasi, dan sakit kepala.
5.  Tomat
Tomat memang bermanfaat untuk mencegah kanker sebab kaya akan zat antioksidan. Tidak banyak yang tahu bahwa tomat mengandung atropin, zat beracun yang menyebabkan pusing, sakit kepala, dan sakit perut.
Woww, ternyata tomat mengandung atropin atau solanin atau biasa disebut gikoalkoloid. Racun ini biasanya lebih banyak terdapat pada tomat yang masih hijau dan masih belum begitu matang.
Efek Keracunan
Biasanya bila keracunan gikoalkoloid penderita akan mengalami keletihan, pendarahan pada sistem cerna, menggigil, sakit kepala atau migran, kelumpuhan, dan yang paling parah adalah kematian. Racun ini bisa dimatikan dengan cara tomat di masak hingga benar – benar matang dan siap untuk di santap.
6.  Ceri
Bila bijinya tak sengaja tertelan dan hancur di mulut, maka biji tersebut akan mengeluarkan zat hidrogen sianida.
Hidrogen Sianida
Zat hidrogen sianida pada cheri dapat menyebabkan Anda pusing berat, muntah – mutah, dan sakit perut. Bahkan bila keracunan zat hidrogen sianida dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan penyakit ginjal. Sebaiknya bila Anda memakan buah cheri, maka buang dahulu bijinya.
Jika ada gejala keracunan buah ini, ada baiknya anda segera memeriksakan ke dokter atau minimal konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.
Jangan tertipu dengan bentuknya yang indah. Sebab ceri mengandung glikosida sianogen, terutama dalam biji mereka, yang melepaskan sianida saat dikunyah. Oleh karena itu konsumsi dengan jumlah yang seperlunya saja.
Tidak banyak yang tahu bahwa makanan sehat di atas mampu membahayakan kesehatan Anda karena kandungan racun terselubung di dalamnya. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengonsumsinya.

Hati-hati dalam mengkombinasikan makananmu!

Semua orang pasti membutuhkan makan makanan yang 4 sehat 5 sempurna. Dalam mengkombinasikan makanan yang 1 dengan makanan yang lain kamu harus berhati-hati. Karena jika salah kombinasi, bukannya sehat malah akan terjadi sebaliknya. Maka dari itu jangan sampai salah ya !!

Kedelai + Bayam

Sesungguhnya kedelai tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan bayam. Karena bayam memiliki asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang ada pada kedelai. Reaksi tersebut dapat membentuk endapan yang tidak dapat larut di dalam usus.

Kedelai + Daun Bawang

Kedelai yang mengandung banyak kalsium dan daun bawang yang mengandung banyak asam oksalat jika dikonsumsi bersamaan dapat mempengaruhi penyerapan kalsium. Bila kebiasaan ini dilanjutkan dalam jangka panjang, tubuh akan kekurangan kalsium yang akan menyebabkan kejang, osteomalacia (menurunnya kadar mineral tulang), hingga patah tulang.

Susu Kedelai + Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Beda dengan susu kedelai yang dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu metabolisme protein. Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi bersamaan dengan susu kedelai.

Susu + Coklat

Susu dan coklat tidak cocok dikonsumsi bersamaan. Susu kaya akan protein dan kalsium, sementara coklat banyak mengandung asam oksalat. Kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat menyebabkan diare apabila mereka dikonsumsi bersamaan.

Susu + Sayuran

Zat kimia yang terkandung di dalam sayuran bisa memberikan efek negatif terhadap proses metabolisme kalsium dari produk susu.

Susu + Buah-buahan

Kita tentu sering memakan sup buah yang didalamnya terdapat berbagai macam buah-buahan seperti stroberi, apel, buah naga, kolang kaling, kelapa, melon dll.. Buah-buahan ini seharusnya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu. Buah-buahan banyak mengandung asam sehingga tidak baik dikombinasikan dengan susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh.

Asam Laktat (terdapat di yoghurt) + Ham

Yoghurt yang dikonsumsi bersamaan dengan ham dan daging dalam sandwich dapat menyebabkan kanker. Biasanya produsen menambahkan nitrat untuk mencegah pembusukan dan botulinus untuk memperpanjang pelestarian produk daging. Ketika bertemu nitrat asam organik, itu bisa berubah menjadi nitrosamine dan bersifat karsinogen.

Daging + Semangka

Semangka disebut buah yang “dingin” dalam makanan, sedangkan daging (misalnya daging kambing) merupakan sebaliknya (panas). Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung.

Daging + Cuka

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daging merupakan makanan “panas”, sedangkan cuka adalah “hangat”. Apabila kedua makanan ini dimakan bersamaan, mereka dapat meng-over-aktifkan energi dan sirkulasi.

Daging + Chestnut

Chestnut mengandung vitamin C yang dapat bereaksi dengan mikro di daging sapi sehingga akan mengurangi gizi chestnut. Kombinasi kedua makanan ini tidak baik untuk pencernaan dan dapat menyebabkan dispepsia.

Kepiting + Teh

Mengkonsumsi kepiting dengan teh secara bersamaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ketika memakan kepiting, cairan lambung akan diencerkan oleh teh yang mengandung asam tannic. Hal ini tidak hanya mengganggu asimilasi, tetapi juga mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan.

Udang + Vitamin C

Resiko serius akan dialami seseorang yang memakan udang bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C (misalnya es jeruk). Pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan suplemen mengandung Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Hal ini dapat mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga seseorang tersebut meninggal dengan kelima panca indera mengeluarkan darah.

Beberapa Buah-buahan + Seafood

Beberapa jenis buah, misalnya buah anggur, delima, atau kesemek, sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan laut. Karena akan menyebabkan mual dan perut kembung serta rasa sakit pada perut dan diare. Hal ini karena buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein dapat menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna oleh tubuh. Untuk menghindari hal ini, konsumsilah buah-buahan tersebut dengan jarak waktu sekitar 4 jam setelah mengkonsumsi makanan laut.

Wortel + Lobak Putih

Lobak putih mengandung vitamin C dan kandungan di wortel dapat merusaknya apabila dikonsumsi bersamaan. Oleh karena itu, makanlah kedua jenis sayuran tersebut secara terpisah untuk mendapatkan nutrisi terbaik.